Minggu, 27 Mei 2012

Tips Info Umroh Murah dan Hemat Tanpa Travel


Jika anda berniat untuk  berangkat Umroh ke Tanah suci Mekkah dengan biaya murah dan hemat tanpa travel dengan ibadah lebih khusu' tanpa terikat jadwal dari yang sangat padat. Hanya Visa Umroh saja diurus melalui travel.( visa umroh berlaku 30 hari dgn biaya Rp. 1,4 jt utk travel di jakarta, kalau luar jakarta harganya tidak jauh dari itu). Tidak perlu anda mesti punya kenalan di kedutaan saudi.
Berangkat lah minimal 3 orang atau lebih (max 10 orang) dan salah seorang  sudah pernah pergi ke Madinah dan Mekkah sebagai  penunjuk jalan.(makin banyak makin murah utk perhitungan  by.hotel). Misal nya biaya hotel Rp. 1 jt /malam dibagi empat orang  jadi 250ribu/orang/malam.
 Bagi muslimah berangkatlah dengan muhrim nya atau saudara laki2nya. Idealnya adalah 4 orang (2 laki dan 2 wanita atau laki2 semua). Saya tidak mereferensikan kalau wanita semua dalam satu kelompok berangkat walaupun saya pernah melihatnya di Doha (Qatar). Selama ini orang beranggapan kalau ke tanah suci itu harus pakai travel, padahal tanpa travel lebih murah dan hemat. Ini perjalanan resmi dan bukan backpaker.
         Biasanya kalau pakai travel paket perjalanan 9 hari PP (7 malam) dgn biaya minimal $ 2200/orang tergantung airlane dan hotel nya, sedangkan kalau anda berangkat sendiri tanpa travel bisa anda atur sendiri lama waktu Umrohnya, misalnya  14 hari PP atau 21 hari PP dengan biaya di minimalkan. (tergantung hotel dan airlanenya)
Lebih banyak kesempatan berziarah ke tempat2 tertentu, seperti Berziarah ke Makam Rasulullah, Baqi, Jabbal Uhud,Jabbal Rahmah,Masjid kiblatain,Masjid Quba, percetakan Al Quran, Kebun korma, pasar korma, Masjid Umar bin khatab, Masjid Saidina Ali, Masjid saidina Usman, Masjid Abu bakar Assiddiq, Makam Siti Khodijah(Ma'lah), Padang arafah, Muzdalifah, Mina, Jabbal Shur, Rumah Rasulullah, Bukit goa Hira,dll (tidak sebanyak travel)
        Untuk jadwal menginap di Madinah dan Mekkah bisa di atur jadwal sendiri, misalnya di Madinah ingin menginap 7 malam  atau 5 malam saja (atau mau Arba'in) dan di Mekah 9 malam atau 12 malam. Tergantung anda sendiri.  Untuk transportasi ke tempat ziarah anda bisa menggunakan taxi ( atau mobil travello yg disewakan (isi 10 orang). Untuk  taxi tidak ada argo seperti di Jakarta.  Sebelum berangkat ketempat tujuan, tawarlah terlebih dahulu. Kalau kita berbicara dengan orang arab seperti orang yang mau berantem, jadi harus kuat2 mental sedikit. Dan tidak semua orang arab disana bisa berbahasa inggris.
Berangkatlah di bulan january atau february karna musim dingin dan airlane dan hotel masih murah.

Yang pertama anda lakukan adalah:
Booking dan beli tiket pesawat jauh2 hari (minimal 1,5 bln sebelum berangkat) agar dapat tiket murah dengan cara online via internet atau datang langsung ke kantor airlanenya. Ada beberapa airlane yang tersedia yaitu: Qatar Airways ,Saudi airlane, Emirate airlane, Garuda Indonesia dan Lion air. Bandingkanlah harga tiket dari beberapa airlane tersebut.  Ada airlane tertentu dengan waktu tertentu dengan harga yang sangat murah/promo.Anda bisa booking airlane tersebut pada website resminya dgn fasilitas kartu kredit.

Yang Kedua anda lakukan adalah:
Bookinglah hotel  dimana anda mau menginap, baik hotel di Madinah dan di Mekkah. Anda bisa booking hotel melalui www.booking .com atau www.agoda.com . lengkap dgn petanya atau kunjungi website resmi hotel.
E-ticket  pesawat PP dan dokumen booking hotel dimana dan berapa lama anda akan menginap di madinah dan mekkah diperlukan untuk lampiran pengurusan visa umroh.
Proses Pengurusan Visa Umroh di travel butuh waktu 3-5 hari kerja.
Dan suntik vaksin syarat penting dapat di lakukan di bandara soekarno-hatta atau di bandara halim dengan perincian vaksin meningitis : 180ribu dan vaksin flu :100ribu. ( usia diatas 40th wajib kedua vaksin tsb).

Hotel di Madinah:
Hotel di Madinah tersedia dari bintang 3 sampai bintang 5.
Kalau Hotel bintang 4 harganya mulai Rp. 1,2 jtan/malam (kalau berempat dibagi empat) jadi sekitar Rp.300ribu/orang/malam.  Dan kalau hotel bintang 5 harganya mulai dr Rp. 1,4 jt/malam. Anda tinggal pilih sendiri.
Kalau anda mencari hotel yang lebih murah lagi , ada hotel bintang 3 letaknya di sebelah timur Masjid Nabawi  tetapi letak nya agak jauh dari mesjid Nabawi, sekitar 900 mtr sampai 1 km. Harga nya sekitar dibawah Rp. 700ribu/malam. Tinggal anda sendiri mau pilih hotel yang mana dan berapa lama. Kalau soal makan anda jangan khawatir karna ada masakan indonesia di madinah.

Hotel di Mekkah:
Hotel  di Mekkah hampir sama dengan hotel di madinah. Dari Bintang 3 sampai bintang 5. Makin dekat Masjid makin mahal. Hotel di depan halaman Masjidil Haram terdapat seperti : Mekah Royal Tower  Clock, Hilton, Movenpick .Harganya mulai dari Rp. 1,2 jt/malam .Dll.
Ada Hotel yang murah letaknya di belakang Mekah royal tower (sekitar 700mtr dr halaman Masjid) nama  daerahnya Misfalah ( dapat di lihat dari google earth ). Ada Hotel Bintang 4 dan bintang 3. Harganya dibawah 900ribu/malam. Banyak juga travel dari indonesia yang mengambil hotel di daerah Misfalah ini. Ada juga travel dari indo mengambil  hotel yang masuk lorong. Anda dapat bookingnya di www.booking.com  dan di www.agoda.com ( lengkap dengan peta nya).
Jika anda sedang tawaf dan ingin mencium hajar aswat, jangan menggunakan jasa orang lain utk mencium hajar aswat karna akan di kenakan biaya yang sangat mahal. Biasanya ada suku tertentu yang menawarkan jasa untuk mencium hajar aswat. Carilah waktu yang sepi untuk mencium hajar aswat dan hukumnya sunnah. Jangan saling menyakiti sesama Umat Islam.
Banyak orang berpikiran bahwa ibadah umroh itu harus pakai travel padahal tanpa travel jauh lebih murah dan resmi. (bukan perjalanan ilegal/ dan bukan backpaker). Pada prinsipnya hampir sama perjalanan jika anda ke Singapore atau ke Malaysia).
         Demikianlah artikel ini Saya buat berdasarkan pengalaman saya kemarin pada tanggal 26 april sampai 09 mei 2012 dengan berangkat bertiga orang tanpa travel ( itupun waktunya tidak terasa). Semoga informasi ini bermanfaat  bagi yang lain.  Semoga mendapat Umroh yang mabrur. Amien.

“Sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat bagi yang lain”

Note: Terima kasih saya ucapkan kepada H.Harry Zahrul yang telah membimbing saya Umroh tahun ini, Semoga Allah.SWT melipat gandakan pahala beliau. Amien.

Wassalam


Writer by : Aznam Syafaruddin Sabirin


"BILA ANDA MEMILIKI KELOMPOK MINIMAL 10 ORG, SAYA BISA BANTU SBG PENUNJUK JALAN DAN SBG MUNTAWIF"




Live Streaming Makkah:
http://www.makkahlive.net/makkahlive.aspx


Live Streaming Madinah :
http://www.makkahlive.net/makkahlive.aspx






 


66 komentar:

  1. Terima kasih buat teman2 dari seluruh pelosok indonesia dan dari washington DC yang telah membaca blog saya. Semoga bermanfaat. wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi.. pak aznam boleh minta nomor hp nya gak?? Makasih

      Hapus
  2. Assalamualaikum Bapak...saya tertarik sekali untuk mengetahui lebih lanjut pengalaman bapak selama melaksanakan umrah mandiri ini, karena di tahun depan 2014 saya berniat melaksanakan umrah bersama suami, ibu dan kakak2 saya tanpa jasa travel. Saya sangat berterima kasih jika bapak dapat membantu saya dengan memberikan info yang lebih mendetail nantinya mengenai perjalan ibadah ini. Begitu banyak pertanyaan nantinya yang ingin saya tanyakan kalau bapak bersedia. Hormat saya, NIDA HUSIN Medan-aphengs1970@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukthi nida husin yng dirahmati Allah. Doa saya keluarga ukthi bisa berangkat berumrah then 2014. Sekarang Berkman saya berminat bergabung dgn keluarga beware anda dlm berumrah Di bulan January 14 saya sendirian. Terima kasih.

      Hapus
  3. @Nida Husin : InsyaAllah...nanti saya bantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalammu alaikum pak saya juga berniat umrah mandiri dgn anak anak saya minta bimbingannya

      Hapus
    2. Waalaikumsalam. Bisa menghubungi wa di 0812.614.00363

      Hapus
    3. Waalaikumsalam. Bisa menghubungi wa di 0812.614.00363

      Hapus
  4. terimakasih info nya pak.. saya ijin shared ya..

    BalasHapus
  5. @Jannah : Silahkan di shared....

    BalasHapus
  6. Terima kasih buat saudara2 yg dari Tanah Air, dr Malaysia, USA, dan dari Singapore yg telah mampir di blog saya ini. Semoga bermanfaat. Amien.
    "Sesungguhnya sesama umat muslim itu bersaudara.."

    BalasHapus
  7. Pak, bagaimana sesampainya di jeddah? Apakah mencari sewaan mobil? Bagaimana caranya? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. @Emak Gurita : Jika anda dari Jeddah mau ke Madinah ada bis khusus jurusan madinah ( kalau naik taxi argo nya mahal sekitar 500 riyal. Dan Jika anda dari Jeddah mau ke Mekkah ada bis jurusan ke Mekkah. Jarak antara Jeddah dengan Mekkah sekitar 70 KM. Kalau anda naik taxi bisa juga biaya nya sekitar 200 riyald.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum, ijin comment ya pak.
      Wah taxi jeddah mekkah mahal amat ya. Dulu saya thn 2010, berempat, dr hotel di jeddah smpi ke pangkalan taxi utk ke Haram kena 10 riyal. Trus taxi ke Haram 40riyal. Jd total 50riyal.
      Ga ada taxi langsung. Kita harus ganti taxi di pangkalan taxi Haram di Jeddah. Ratenya standard kok. Tp itu 2010 loh.

      Hapus
  9. Assalau'alaikum pak Aznam..bagaimana cara mengajukan visa umrohnya?saya ada pasport.terima kasih sebelumnya.wassallam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Assalamu Alaikum Pak,,

    InsyaAllah tahun depan saya dan orang tua akan berangkat,,jadi kami hanya bertiga apakah ada room untuk bertiga? karena budget pas-pasan.
    Untuk visa bapak menggunakan jasa travel?
    Kemudian untuk pembimbing, kitakan dr Jakarta sendiri tidak menggunakan jasa travel apakah kami bisa bertemu pembimbing di mekkah?

    Terima kasih atas perhatiannya, jika ada waktu menceritakan detail perjalanan bapak selama disana di email saya hilda.chad@gmail.com .

    Terima kasih banyak sebelumnya info bapak banyak membantu.
    Wassalam..

    @Nida Husin Assalamu alaikum, mungkin kita berbarengan ibu tahun depan biar rame?
    Wassalam


    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. dihotel ada yang room di isi untuk 3 orang. silahkan booking di agoda.com atau booking.com.
      Visa umroh dapat di ajukan ke travel "Madani" dgn no telp.021.829.5850/830.7865 dengan lampiran tiket pesawat dan hotel yang sudah anda booking. Untuk pembimbing tidak ada di mekkah, Untuk panduan doa tata tertib umroh dapat ditemukan di toko buku/gramedia. Dan tidak lupa perlu persiapan fisik juga. wassalam

      Hapus
    2. Terima kasih atas balasannya, maaf lagi niy pak untuk apply visa umrohnya sendiri ada batas minimum ga? 1bulan sebelumnya atau 2bulan sampai 3 bulan sebelum umroh applynya?
      Terima kasih sebelumnnya.. Wassalam..

      Hapus
    3. Assalamualaikum
      Terimakasih atas infonya, mas. Kira-kira untuk pembuatan Visa harganya berapa ya? thx


      oia, mba Hilda. InsyaAllah saya, ayah saya, dan satu orang saudara perempuan saya akan berangkat ke jeddah di akhir bulan januari. kalau mau, mbak hilda boleh join.

      Hapus
    4. Asalamulaikum @nai mohon kl berkenan saya ingin bergabung. Saya sendirian ( yuli ASal kendal jawa tengah) mohon email ke tahta.tq@gmail.com terima kasih)

      Hapus
  11. Assalamu Alaikum..

    Pak, untuk umrahnya sendiri apakah di sana ada jasa umrah, untuk membaca doa2 atau sekedar membimbing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam,
      Untuk umrohnya sendiri tidak ada jasa umroh disana. Untuk Buku panduan doa tata tertib umroh dapat ditemukan di toko buku/gramedia. Wassalam

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum...
    Pak, maaf mau tanya soal keluar dari bandaranya.
    Apakah bisa tanpa ada yang menjemput? Setahu saya bukannya akan sulit tanpa penjemput yang sudah tinggal disana?

    Jazaakallah khair infonya

    BalasHapus
  13. Assalam...pak, mohon info utk detail transport dr Jeddah-Madinah, kabarnya hanya maskapai tertentu yg mendarat di bandara Internasional. dan bila mendarat di bandara haji, tdk keluar bandara kecuali ada "sipenjemput". Juga bagaimana dgn Transport Madinah-Makkah apakah pihak hotel bisa carikan taxi/rent car.

    BalasHapus
  14. Assalamu alaikum Wr Wb.

    Sangat bermanfaat pak Aznam posting-nya. Kami sekeluarga Alhamdulillah sudah umroh 2 kali melalui travel umroh & mnrt kami jadwal yg ditetapkan sama mereka terlalu ketat dan memberatkan. Dengan tulisan bapak di atas membuat Dimas berpikir bahwa saya bisa merancang perjalanan sendiri dengan budget yg lebih rendah.

    Pak Aznam, bisa saya minta email-nya supaya kita bisa komunikasi lebih lanjut. Bisa dikirim ke email saya di prabowo_dimas@yahoo.com.

    Terima kasih pak Aznam.

    Wassalam

    BalasHapus
  15. assalamualaikum wr.wb.

    trims infonya....
    kira2 keseluruhan biaya yg hrs dikluarkan brp rupiah?trims
    wassalam

    BalasHapus
  16. Ass.wr.wb.,
    Sekedar info, Umroh biaya murah bisa dilakukan secara mandiri. Pengalaman saya mempersiapkan umroh. Visa ditolong rekan syamsul Sejahtera Wisata USD 150, sekalian suntik meningitis. Penerbangan via Bangkok dg Tiger USD 185 dan ke Jeddah dg Jet Airways USD 600. Hotel pesan online, total 2 kamar/ 6dewasa+3anak untuk 5 malam Madinah jarak 700 mtr USD 320, dan 5 malam mekkah USD 367. Total biaya LA perorang termasuk makan dan jalan2 sekitar USD 180. Yg masih meragukan saya, apa benar perlu penjemput dari bandara ke terminal bus Balad, atau apa kita bisa naik taksi bandara saja, atau adakha bus langsung dari bandara Jeddah ke Medinah. Plis help saya dg info ini, syukron

    BalasHapus
  17. Assalammu'alaykum wr.wb.....
    Jazakalloh informasi yg sangat berharga, karena Jika Alloh kabulkan rencana saya beserta Istri berniat Umroh mandiri....
    jika tidak keberatan bisa minta info detil, brp no tlp pak Aznam Syafaruddin Sabirin
    alamt email saya: qosthalani@gmail.com

    Wassalam
    Hartoyo

    BalasHapus
  18. Assalammualaikum;wr.wb..
    Mohon maaf karna kesibukan saya tidak bisa balas satu persatu. Dan Mohon maaf karna melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, harga yang diatas sudah tidak valid lagi.
    Wassalam

    Aznam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalamu’alkaikum wr,wb..
      Mf maz q mu nanya mohon jwab nya,,
      Klo kt sdah ada di bandara saudi bkn nya kt harus ada yang jemput ??
      Sdkt kt tdk ada, apa kan bisa gitu
      Mohon jwabn nya ya maz,.. Terima kasih

      Hapus
    2. Aslm....pak aznam...bisa detail lebih jauh....minta tolong hub. Email kami di : anna_nescafe@yahoo.com

      Hapus
  19. Infonya bermanfaat sekali. Terima kasih.

    BalasHapus
  20. infonya bermaafaat banget, trimakasih...

    BalasHapus
  21. infonya bermanfaat banget, saat ini saya akan umroh tapi tertunda karena cv HMS sedang ada masalah shg keberangkatan saya tertunda2 terus sampai 3x, kami sekeluarga sedang menunggu info dari cv HMS kapan jadi berangkatnya, tolong ikut doakan kami.

    BalasHapus
  22. asalamualaikum pak aznam..
    mau tanya pak, kalo untuk mencari muntawif (pembimbing doa) gimana pak ?
    apakah ada yg menawarkan diri disana pak ?

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. "BILA ANDA MEMILIKI KELOMPOK MINIMAL 10 ORG, SAYA BISA BANTU SBG PENUNJUK JALAN DAN MUNTAWIF NYA"

    BalasHapus
  25. Saya hanya bertiga dan ingin umroh BP seperti yg anda lakukan. Bapak cerita bahwa bisa umroh BP tnpa travel. Saya bertiga dgn adik laki2 sbagai mahrom. Mohon informasi nya saja klw tanpa travel bgm perjalanannya. Trmkasih

    BalasHapus
  26. Saya hanya bertiga dan ingin umroh BP seperti yg anda lakukan. Bapak cerita bahwa bisa umroh BP tnpa travel. Saya bertiga dgn adik laki2 sbagai mahrom. Mohon informasi nya saja klw tanpa travel bgm perjalanannya. Trmkasih

    BalasHapus
  27. Saya hanya bertiga dan ingin umroh BP seperti yg anda lakukan. Bapak cerita bahwa bisa umroh BP tnpa travel. Saya bertiga dgn adik laki2 sbagai mahrom. Mohon informasi nya saja klw tanpa travel bgm perjalanannya. Trmkasih

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. nambahin link stream masjidil haram >> Makkah Live

    BalasHapus
  30. Asalamualaikum Pak Aznan, mau tanya tentang umroh visa, travel agent mana yg Pak Aznan pakai untuk Visa Umroh?? Karena kebanyakan travel agent tidak mau menjual hanya visa, harus paket...

    Jazakalah Khair

    Abdullah Islam (abdullahlam9@gmail.com)

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum semuanya .. Kebetulan saya berencana umrah januari / feb berdua dg suami .. Mau Tanya kalau perjalanan dr madinah ke Makkah transportasinya gmana Ya mas ?

    BalasHapus
  32. ratna sari : naik bis saptco bu.. ini kok admin nya cm hapusin postingan tapi gak kasi jawaban untuk pertanyaan2 ya?

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum wrwb.
    Pa Aznam rohimakumulloh
    Semoga sehat dan berkah selalu ya!
    Gimana caranya kalau saya mau tholabul ilmi ke guru tafsir Al Qur'an yang kapabel? Gimana cara daftarnya? Dimana tempat tinggal yang murah? Berapa biaya hidup per bulan?
    Jazakalloh khoir atas bantuannya.

    Email: antonminardi@yahoo.com

    BalasHapus
  34. Assamu'alaikum pak Aznam, bisa minta no telp Bpk ? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  35. Buat teman2 yang mau berangkat bareng ayo kita saling berbagi kontak baik via email or hp. Nomerku 081242777700. Mari berkumpul n gajak adminnya sebagai penunjuk jalan. Gimana?

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum. Tks infonya yg berharga pak Aznam. Tadinya kami sekeluarga ingin umroh dgn travel. Tapi sepertinya menarik juga jika mandiri. Apalagi kami sdh pengalaman berhaji tahun 2015. Semoga bisa terlaksana.

    BalasHapus
  37. masyaallah...jadi nambah ilmunya buat traveling umroh... insyaallah bisa... salam kenal saudara... fb: halid baladjam

    BalasHapus
  38. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum.wr.wb. Apabila Bapak dan ibu butuh keterangan lebih lanjut bisa WA saya di 0812.614.00363. Wassalam.

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum.wr.wb. Apabila Bapak dan ibu butuh keterangan lebih lanjut bisa WA saya di 0812.614.00363. Wassalam.

    BalasHapus
  41. Waalaikumsalam, terima kasih byk atas sharingnya yg sangat bermanfaat, insya Allah saya akan menghubungi pak Aznam utk bisa mendapatkan informasi lbh lanjut.
    Wassalam, Nining - 081316210050.

    BalasHapus